Blog Si ARA

Selasa, 21 Mei 2019

Mobil Murah Ini Bisa Dilirik, Loh!

Dari berbagai seri dan tipe mobil Toyota yang dijual di Indonesia, Agya meyandang status sebagai mobil murah dari pabrikan asal Jepang tersebut. Dengan harga jual sekitar 136 juta Rupiah lebih, Agya telah mengalami berbagai perubahan sejak 2017 lalu, untuk menyempurnakan tampilan fisik dan kualitas dari segi dapur pacunya.  

Mobil Murah

Penasaran apa saja fitur dan kelebihan Agya? Berikut ulasan singkatnya :

1.    Mesin Baru

Agya tersedia dalam pilihan mesin 1,2 liter dual VVT-I yang juga digunakan oleh Calya, saudara satu merk yang tak kalah laris. Mesin ini menghasilkan tenaga 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 107,8 Nm pada 4.200 rpm. Mesin baru yang ditanamkan pada New Agya diklaim lebih baik dari segi performa dibandingkan dengan mesin lama berkapasitas 1,0 liter.

Mengusung teknologi dual VVT-I, Agya diklaim dapat mengatur penyesuaian waktu pada camshaft intake dan exhaust per dua katup yang lebih cepat 2,5 detik saat akselerasi jika dibandingkan dengan mesin yang lama. Teknologi ini juga lebih irit bahan bakar, loh!

2.    Kabin Lebih Hening

Salah satu perubahan yang cukup mencolok dari New Agya adalah kualitas kesenyapan kabin. Hal ini tentunya penting karena akan meningkatkan kenyamanan penumpang. Rupanya Toyota menambah peredam suara di balik dashboar dan di balik kap mesin. Tak hanya itu, material plafon juga diganti dengan kualitas yang lebih baik untuk meredam suara berisik dari tetesan air hujan.

3.    Fitur Keselamatan

Hampir seluruh mobil keluaran Toyota Indonesia sudah dilengkapi dua fitur keselamatan, yakni ABS atau Anti-lock Braking System dan dual SRS Airbags. Kedua fitur ini menjadi keunggulan New Agya dibandingkan kompetitornya, yang rela menanggalkan fitur keselamatan tersebut hanya agar dapat menjual unitnya dengan harga yang lebih murah. Padahal keselamatan pengendara jauh lebih mahal harganya, kan?

4.    Getaran Lebih Halus

Dengan mengganti rubber engine mounting dengan yang lebih berkualitas untuk seri Agya 1,2 liter, berhasil membuat penyaluran tenaga yang lebih mulus saat adanya perpindahan gigi. Sehingga getaran di dalam kabin juga lebih halus yang lebih menunjang peredam suara yang juga sudah ditanamkan.

5.    Central Lock dan Power Window

Seperti halnya dengan keberadaan ABS dan airbags, power window dan central lock juga memengang peranan penting untuk keamanan mobil. Central lock di dekat kursi pengemudi akan memudahkan untuk memastikan seluruh jendela dan pintu terkunci dengan aman. Apalagi jika sering melewati daerah yang rawan kejahatan, dua fitur ini penting untuk disematkan dalam sebuah mobil.

6.    Stabilitas Suspensi

Berkaca pada seri yang sama yang dikeluarkan lebih awal, untuk New Agya ada perubahan suspensi untuk lebih stabil ketika menikung. Ternyata para engineer Toyota sudah menyetel ulang suspensi menjadi lebih keras dan melengkapinya dengan stabilizer yang menghubungkan antara suspensi belakang sebelah kiri dan kanan. Hasilnya? Efek limbung berkurang namun bantingan suspensi belakang jadi lebih keras untuk menjaag kestabilan saat menikung.

7.    Transmisi Otomatis

Ini juga menjadi keunggulan New Aya dari kompetitor dari tipe serupa. Transmisi otomatis memang bukan barang mewah dan istimewa, namun setidaknya dengan adanya dual transmisi yang dapat dipilih, pengendara dapat menyesuaikan pilihannya yang disesuaikan dengan kondisi jalan atau medan yang akan dilalui.

New Agya yang tergolong hatchback yang kerap ditemui melintas di jalan-jalan kota memang nampak keren dari segala sisi. Untuk seri New Agya, setidaknya ada 6 warna pilihan dari mobil murah asal pabrikan Toyota ini. Yakni hitam, putih, merah, kuning, abu metalik dan silver. Semuanya mengusung desain yang solid dan menambah kesan mewah.
0

0 komentar:

Posting Komentar