Blog Si ARA

Rabu, 02 Juni 2021

Yuk Kenali 4 Jenis Printer Ini, Mana yang Paling Pas untuk Anda?

 

Brother Printer

Ketika Anda memutuskan untuk membeli printer di pasaran, Anda akan dihadapkan dengan berbagai pilihan. Alhasil, jika Anda tak memiliki bayangan mengenai printer seperti apa yang diinginkan atau dibutuhkan, Anda akan merasa kebingungan. Namun, jangan khawatir: Brother memiliki beragam pilihan jenis printer yang bisa Anda cek di https://www.brother.co.id/id-id/products/all-printers/printers. Anda bisa mengecek berbagai jenis printer di sana sebelum memutuskan mana yang ingin dibeli.


Agar Anda tidak kebingungan dalam memilih printer, berikut daftar 4 jenis printer yang paling populer serta penjelasannya. Selamat membaca!


•    Printer inkjet. Dalam pengoperasiannya, printer inkjet menggunakan cartridge tinta, di mana tinta diaplikasikan dalam kondisi basah ke atas permukaan kertas. Nantinya, tinta akan mengering dengan cepat agar tidak luber atau luntur. Jenis printer yang satu ini merupakan salah satu pilihan paling populer di pasaran dan bisa dipergunakan untuk menge-print segala jenis file seperti dokumen teks (misalnya esai), tabel, diagram, bagan, hingga foto. 


•    Printer laser. Berbeda dari printer inkjet, printer laser menggunakan jenis tinta khusus yang disebut sebagai toner, yaitu jenis tinta yang dapat menempel dengan cepat pada kertas dan dapat menghemat waktu karena tinta tidak perlu ditunggu sampai kering dulu begitu Anda selesai menge-print. Jenis printer yang satu ini sangat ideal digunakan untuk kebutuhan sekolah, kantor, maupun rumah, terutama jika Anda hanya butuh printer hitam-putih (monokrom) saja. Apalagi, harga printer laser cenderung lebih murah dibandingkan printer inkjet. Meski begitu, ada juga jenis printer laser warna jika Anda butuh menge-print dokumen berwarna juga.


•    Printer multifungsi (multifunction printers). Sesuai dengan namanya, printer multifungsi bukan hanya bisa digunakan untuk menge-print, tapi juga fungsi lainnya, yaitu sebagai mesin scan dan faks. Jenis printer yang juga dikenal printer all-in-one ini bisa jadi masuk ke dalam kategori printer inkjet maupun laser. Dengan printer multifungsi, Anda pun bisa menghemat tempat karena Anda bisa mendapatkan printer, scanner, dan faks dalam satu mesin yang sama. Penggunaannya bukan hanya ideal di kantor saja, tapi juga di rumah, termasuk home office.


•    Printer foto. Apabila Anda lebih membutuhkan printer untuk menge-print foto-foto keluarga, printer foto jelas adalah pilihan yang tepat. Meskipun memang benar bahwa printer inkjet juga bisa digunakan untuk menge-print foto, tetap saja printer foto khusus jauh lebih kompeten karena fitur dan spesifikasinya memang secara khusus didesain untuk kebutuhan yang satu ini. Dengan begitu, Anda pun bisa mencetak foto sendiri di rumah tanpa harus ke studio foto dan mengeluarkan uang ekstra, kan?
 

Itulah 4 jenis printer yang umum terdapat di pasaran. Mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda?

0

0 komentar:

Posting Komentar