Blog Si ARA

Sabtu, 02 April 2022

TIPS JUALAN DI INSTAGRAM UNTUK PEMULA

Jualan Di Instagram

Banyak orang yang menggunakan instagram sebagai salah satu media untuk berbisnis online. Untuk para pemula mungkin bingung bagaimana cara memulainya, berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu lakukan :

1. Buat Akun Khusus Jualan
Cara jitu jualan di instagram
Langkah pertama untuk bisa Jualan di instagram tentunya Anda harus menyiapakan akun khusus jualan. Artinya, jangan sampai menggunakan nama pribadi di akun tersebut. Fungsinya agar akun yang dibuat lebih profesional dan tidak tercampur dengan urusan pribadi Anda.

2. Buat Website sebagai landing Page, Bisa Juga sebagai Toko Online
Ada 2 jenis cara jualan di instagram,

Menggunakan Instagram hanya sebagai media promosi saja, kemudian mengarahkan follower atau calon pembeli ke website landing page. ( rekomended )
Menggunakan instagram sebagai lapak dan sekaligus jualan.
Bagi saya, yang paling ideal adalah poin pertama, kenapa? karena anda akan menghemat waktu lebih cepat dan alur penjualan semi otomatis. Anda juga menjadi lebih mudah dalam mengatur pesanan dari para pembeli.

Misalnya anda mempromosikan baju atau makanan di instagram, kemudian mengarahkan follower ke toko online milik anda sendiri, maka follower akan memilih dan melakukan transaksi pembelian di website anda.

Jika anda tertarik dengan poin pertama, bisa bergabung di telegram saya disini. Saya akan berbagi tips, strategi dan tools bagaimana berjualan online.

3. Mencari followers yang banyak dan tertarget
Setelah membuat akun, langkah selanjutnya aadalah mencari followers yang sesuai dengan produk yang Anda jual. Misalkan, Anda menjual buku-buku bacaan. Maka target followers Anda orang-orang yang minat terhadap buku tersebut.

4. Upload Foto Produk Jualan dengan keterangan yang Lengkap dan Menarik
Langkah selanjutnya adalah dengan mengupload foto-foto produk jualan Anda. Foto yang diupload untuk awal berjumlah 30 photo.

Untuk mengupload photo sebaiknya harus memperhatikan tentang kejelasan dari gambar agar tidak menimbulan persepsi yang berbeda. Selain jelas produk yang ditampilkan pun harus detail dan pencahayan dari photonya pun harus diatur.

Selain gambar yang jelas, Anda harus bisa menampilkan caption tulisan yang memuat segala informasi tentang produk tersebut.

Mengupload photo di jam-jam tersebut bisa meningkatkan penjualan dikarenakan banyaknya orang yang sedang bersantai dan ingin menggunakan sosial media.

5. Gunakan Hashtag yang Sesuai
Seperti yang diketahui bersama, instagram ini sangat populer dengan yang namanya hashtag. Hashtag tersebut adalah kaat kunci yang memudahkan seseorang untuk mencari atau terhubung dengan akun Anda.

Maka ketika Anda sudah mengupload photo dan membuat deskripisnya jangan lupa untuk memberikan hashtag yang sesuai. Penggunaan hashtag ini bisa menggunakan aplikasi lain yang ada di play store yaitu aplikasi hashtag.

6. Upload Testimoni dari Pelanggan Anda
Langkah selanjutnya adalah mengupload testimoni dari pelanggan Anda. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan calon konsumen kepada produk jualan Anda.

Cara tersebut juga bisa mengundang kepercayaan dari calon konsumen. Bisa jadi setelah itu banyak orang yang ingin membeli produk Anda.

7. Menggunakan Akun Bisnis
Cara berikutnya untuk bisa berjualan laris di instagram bisa dengan menggunakan akun instagram bisnis. Dengan menggunakan akun tersebut, calon pelanggan akan akan merasa yakin dan percaya bahwa akun yang Anda kelola adalah akun profesional.

Keunggulan menggunakan akun tersebut adalah setiap harinya bisa melihat orang-orang yang mengunjungi akun Anda. Sehingga Anda bisa menganalisa seberapa besar minat konsumen terhadap produk-produk yang Anda jual.

8. Lakukan Endorse dan Paid Promote
Maraknya pengguna instagram dari mulai kalangan artis, pejabat, hingga tokoh lokal menjadikan kesempatan emas bagi pelaku usaha bisnis untuk bekerja sama dengan mereka.

Karena banyaknya followers mereka, membuka kesempatan bagi penjual untuk melakukan endorse ataupun paid promote.

Cara tersebut merupakan salah satu langkah untuk bisa menambah followers pada akun Anda. Selain itu juga bisa membuat akun Anda dilirik oleh orang-orang sehingga mereka tertarik untuk membeli produk.

Untuk meghubungi para selebgram atau akun yang memiliki jumlah followers banya tersbeut tergolong mudah. Karena biasanya mereka akan memasang nomor kontak di profil akun mereka.

Harga yang dikeluarkan biasanya bergantung pada jumlah, jenis, dan banyaknya followers. Sehingga siapapun bisa melakukan hal tersebut sesuai dengan budget yang dimilikinya.

Jangan lupa selalu sediakan paket untuk internet dan koneksi internet yang bagus dan kuatagar kegiatan bisnis online kamu lancar tanpa kendala internetnya. Gunakan smartfren wow untuk mendukung kegiatan bisnis online kamu.
0

0 komentar:

Posting Komentar