Blog Si ARA

Selasa, 28 Maret 2017

Mengetahui Cara Menangani Masalah Alergi Anak

Pemahaman Alergi Anak

Kulit anak pada umumnya memiliki reaksi lebih sensitif daripada kulit orang dewasa terhadap suatu hal benda asing. Pada kulit anak biasanya sering muncul bintik merah, atau gatal-gatal yang umumnya terjadi karena faktor lingkungan baru disekitar mereka. Kondisi seperti itupun bisa dikategorikan sebagai sebuah alergi yang muncul terhadap anak. Untuk mengatasi masalah alergi anak ini tentulah menjadi sebuah peran dari orangtua dalam menangani masalah alergi ini.

Pada dasarnya gejala dari alergi yang dialami oleh seorang anak ini memiliki ciri-ciri yang hampir sama dengan alergi yang dialami oleh orang dewasa. Ciri umumnya seperti gatal-gatal pada kulit tubuh, munculnya bintik merah di tubuh, sering bersin-bersin, dan juga mengalami beberapa pembengkakan yang terjadi dibagian tubuh seperti mulut dan juga wajah.

Bagi seorang anak yang memiliki alergi terhadap suatu hal bisa seperti makanan, ataupun alergi terhadap udara memang lebih mudah untuk terkena alergi tersebut. Peran orangtua disini sangat penting untuk melakukan pencegahan. Tubuh anak yang masih begitu rentan dan mudah terpengaruh dengan lingkungan yang baru ataupun makanan yang baru bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya alergi. Sebagai orangtua harus sangat peka terhadap suatu gejala yang timbul di tubuh anaknya. 

Jika anak Anda mengalami gejala alergi akan suatu makanan, maka harus sangat diperhatikan setiap jenis makanan yang masuk dan dikonsumsi oleh anak Anda. Agar lebih terjamin makanan tersebut tidak mengandung zat yang dapat menimbulkan alergi terhadap anak, sebaiknya Anda membuat makanan sendiri untuk anak Anda konsumsi setiap harinya. Jika anak itu mengalami gejala akan udara dan debu, sebaiknya perhatikan pakaian yang akan digunakan selama berada diluar agar terhindar dari cuaca dingin, serta gunakan masker ketika berada diluar rumah, agar terhindar dari debu dan juga polusi udara.

Mengenal tubuh anak Anda dengan baik adalah sebuah langkah yang baik untuk menghindari pemahaman alergi anak yang salah dan bisa timbul kapan saja. Oleh karena itu sebagai orangtua, haruslah selalu memperhatikan asupan makanan dan juga aktifitas dari anak Anda yang sering dilakukan setiap harinya.
0

0 komentar:

Posting Komentar